Kamis, 16 Agustus 2012

Minuman Segar Asia Tenggara


Dari semua negara asia tenggara yang saya kunjungi( kec Brunei dan Timor),ada yang membuat saya selalu teringat apalagi kalau bukan kulinernya yang khas.Kali ini saya akan ngomongin minuman atau es–es an.Kalau saya perhatikan negara-negara asia tenggara mempunyai ragam minuman segar atau es–es an mungkin karena cuaca di asia tenggara yang sepanjang tahun hangat jadi penduduknya kreatif membuat minuman untuk melawan panasnya terik matahari di sekitar khatulistiwa.

Contohnya Singapore terkenal dengan es potongnya,Malaysia dengan air mata kucingnya,Vietnam dengan es kopinya .Bagaimana dengan negara indochina yang lain?.5 tahun yang lalu waktu traveling ke Kamboja minuman favorit saya adalah dragon fruit juice atau jus buah naga.Waktu itu sih di Indonesia belum begitu booming bahkan saya gak pernah nemu tuh tukang jus yang ada buah naganya ,Hampir setiap saat saya memesan minuman ini rasanya segar bentuk buahnya aneh,putih ada bintik-bintik hitamnya,bahkan sekarang ada yang berwarna merah daging buahnya.Di Jakarta sekarang saya gak kesulitan mencarinya.

Di Myanmar minuman yang jarang ada di Indonesia yaitu jus buah plum,kalau menurut saya rasanya sih terlalu manis sepertinya lengket di tenggorokan ,minuman kemasan botol ini banyak dijual di supermarket-supermarket kota yangon dengan harga yang cukup murah.Beberapa bulan lalu saya melihat bentuk buahnya di sebuah supermarket di kawasan elit Jakarta. Ternyata buah plum termasuk kategori buah impor yang lumayan mahal harganya.

Buah plum dan buah naga


Ketika saya masuk ke dalam pasar tradisional di phnom penh dan siang lagi panas-panasnya.Mata saya berbinar-binar pasmelihat ada ibu-ibu penjual es campur ditengah pasar .Jualannya duduk penjualnya di tengah dan banyak baskom baskom berisi campuran esnya mengelilingi si penjual.Tinggal tunjuk aja campurannya dan tinggal bayar .Minumnya pun disediakan dingklik,tempat duduk yang sering digunakan ibu-ibu zaman dulu untuk mencuci baju.

Penjual es campur di tengah pasar phnom penh

Nah kalau di bangkok tempat favorit saya yah di mall Mah boon krong.Salah satu mall yang terkenal di bangkok .di food courtnya selain ada kedai makanan halalnya yang ada diujung ,stand es campurnya juga enak banget .ada beberapa macam pilihan campurannya harganya sekitar 20-30 bant utk 3 macam campurannya seperti sari kelapa,buah2an agar-agar danlain lain pokoknya the best banget deh.begitupun di food court mall talat sao vientiane laos saya rekomendasikan es campurnya deh yang rasanya mirip-mirip dengan yang ada MBK bangkok

Es campur Di Filiphina namanya halo-halo ,menurut saya sih ini juaranya apalagi yang ada di chowking salah satu restoran fastfood terkenal di filiphina.Tampilannya aja udah menarik yang dipajang di poster-posternya pas begitu di coba wah uenakk tenan.Isinya sih standar cuma ada agar-agar,cendil,nangka ,pisang karamel ,kacang merah,kadang kadang ada jagungnya plus evaporated milk yaitu susu yang sudah dikurangi kadar airnya tapi rasanya tawar,nah yang bikin istimewa adalah ada es krim ubi diatasnya.Kebayangkan enaknya!!

Es halo halo filiphina


es doger
Indonesia yang rajanya kuliner banyak mempunyai jenis-jenis minuman segar seperti es pisang ijo dan es palu butung (makasar),es kacang merah (palembang), es doger (betawi) ,es dawet(jawa.).Di Jakarta favorit saya sih es sinar garut ,selain enak buat nongkrong warung ini juga menjual berbagai jenis macam jenis es campur ,seperti es teler dan es shanghai dan sumpah saya suka ketuker membedakan antara es campur ,es teler dan es shanghai :p.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar